»

Jan 26

Cetak ini Pos

Kode Etik Guru MTs. AlKautsar Depok

  1. Guru berprilaku secara professional dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, mengarahkan dan menilai siswa dalam proses pembelajaran.
  2. Guru membimbing peserta didik untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan hak-hak dan kewajiban sebagai individu, warga sekolah dan anggota masyarakat.
  3. Guru menghimpun informasi tentang peserta didik dan     menggunakannya untuk kepentingan proses pendidikan.
  4. Guru secara perorangan atau bersama-sama secara terus menerus berusaha menciptakan, memelihara dan mengembangkan suasana sekolah yang menyenangkan sebagai lingkungan belajar yang efektif dan efisien bagi peserta didik.
  5. Guru menjalin hubungan dengan peserta didik yang dilandasi rasa kasih    sayang dan menghindarkan diri tindak kekerasan di luar batas kaidah    pendidikan.
  6. Guru menjunjung tinggi harga diri, integritas dan tidak sekali-kali    merendahkan martabat peserta didiknya.
  7. Guru berprilaku taat terhadap asas hukum dan menjunjung tinggi    kebutuhan hak-hak peserta didik.
  8. Guru terpanggil secara hati nurani dan moralnya untuk secara tekun dan penuh perhatian bagi perkembangan peserta didiknya.
  9. Guru tidak boleh membuka rahasia pribadi kepada peserta didiknya    untuk alasan-alasan yang tidak ada kaitannya dengan kepentingan    pendidikan.
  10. Guru berusaha membina hubungan kerja sama yang efektif dan efisien    dengan orang tua/wali murid dalam melaksanakan proses pendidikan.
  11. Guru hendaknya memberikan informasi kepada orang tua murid secara    jujur dan objektif mengenai perkembangan peserta didik.
  12. Guru wajib merahasiakan informasi setiap peserta didik kepada orang    tua lain yang bukan orang tua/wali murid.
  13. Guru harus memotivasi orang tua murid untuk beradaptasi dan    berpartisipasi dalam memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan.
  14. Guru menjunjung tinggi hak orang tua/wali murid mengenai kondisi    dan kemajuan peserta didik dan proses kependidikan pada umumnya.
  15. Guru memelihara dan meningkatkan kinerja prestasi dan reputasi    Sekolah.
  16. Guru menciptakan dan melaksanakan proses pendidikan yang kondusif.
  17. Guru wajib menghormati rekan sejawat.
  18. Guru tidak boleh membocorkan rahasia jabatan kepada masyarakat.
  19. Guru wajib menciptakan suasana kekeluargaan di dalam dan di luar    sekolah.
  20. Guru tidak boleh melakukan tindakan mengeluarkan pendapat    merendahkan martabat pribadi dan profesional sejawatnya

Tautan permanen menuju artikel ini: http://alimurod.gurusertifikasi.org/2013/01/26/kode-etik-guru-mts-alkautsar-depok/